Kamis, 19 April 2012

Rakyat Indonesia kurang bersyukur?


Mengikuti hiruk pikuk politik saat memang bikin pusing kepala. Masyarakat semakin hari semakin muak dengan tingkah polah para pemimpinnya. Mereka seperti sudah tidak  perduli dengan kondisi yang ada dilapangan. Rakyat sudah mecari jalan sendiri-sendiri untuk mencari kekayaan. Pertanyaannya apakah masyarakat Indonesia sudah merasa bahagia?


Tidak mudah untuk menjawabnya, tapi sebuah lembaga riset Earth Institute dari Columbia University malakukan penelitian seberapa bahagia masyarakat negara-negara yang ada di seluruh dunia. Memang secara umum negara-negara kaya cenderung masyarakatnya bahagia, namun kekayaan tidak selalu menjadi ukuran bahagia. Kebebasan politik jaringan sosial yang kuat, rendahnya kasus korupsi menjadi faktor yang lebih penting dari kekayaan.

Bukti nyatanya adalah Indonesia yang secara ekonomi lebih kaya dari Vietnam, Myanmar dan Laos ternyata tidak lebih bahagia dari mereka. Indonesia untuk Asia Tenggara, masyarakatnya hanya lebih bahagia dari Filipina dan Kamboja. Untuk level dunia ternyata negara yang paling berbahagia ada di negara eropa utara yaitu Denmark, Finlandia, Norwegia dan Belanda secara berturut turut dari satu sampai empat sedangkan Togo, Benin, Republik Afrika tengah dan Sierra Leone menjadi negara yang paling tidak berbahagia.

Menurut John F. Helliwell penduduk yang paling bebahagia di dunia dengan pendapatan 40 x lebih besar dan mempunyai usia harapan hidup 28 tahun lebih besar juga dapat diandalkan mengatasi masa sulit. Karena itu ada ide agar Gross National Happiness (GNH) dapat dijadikan salah satu indikator kualitas hidup ketimbang ukuran yang dipakai saat ini PDB.

Kembali ke Indonesia, apakah berarti selama ini kita kurang bersyukur atas apa yang sudah diraih? ataukan semakin menjamurnya kasus korupsi yang naik ke permukaan membuat masyarakat Indonesia frustasi? entahlah yang jelas kita harus melakukan instropeksi mulai dari diri sendiri.

Sudahkah saya bahagia?

ini adalah daftar negara yang paling happy di dunia :



















































1Denmark
2Finlandia
3Norwegia
4Belanda
5Kanada
6Swiss
7Swedia
8Selandia Baru
9Australia
10Irlandia
11Amerika Serikat
12Kostarika



Dan ini untuk negara Asia Tenggara











































PeringkatNegara
33Singapura
51Malaysia
52Thailand
65Vietnam
74Myanmar
82Laos
83Indonesia
103Filipina
138Kamboja



sumber data : koran kontan tanggal 7 April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar