Selasa, 26 November 2013

Head lamp led Krisbow, mantaps buat gowes

Iseng-iseng nganterin teman belanja ke Ace Hardware, eeh malah dapat lampu yang aku cari-cari. Keinginanku untuk bisa lebih sering ngegowes ke kantor selama ini terkendala karena belum punya lampu yang handal dalam menembus kegelapan malam, dengan lampu ini mudah mudahan bisa kesampaian.


Sebenarnya aku sudah punya lampu led 5 titik model standar yang ditaruh pada stang sepeda. Walaupun sudah menggunakan baterai alkaline 3 biji sinar yang dihasilkan aku rasakan masih belum memuaskan.

Fungsi lampu buat sepeda memang tidak akan bisa berfungsi seperti lampu pada motor. Kecepatan sepeda yang relatif rendah tidak terlalu membutuhkan penerangan seperti motor atau mobil dengan kemampuan bisa menerangi jalan dengan jarak tertentu. Buat sepeda yang lebih penting adalah mampu memberi tanda kendaraan lain dari arah depan bahwa ada sepeda yang sedang melaju. Tapi kalo ada yang bisa benar-benar menerangi jalan tentu lebih baik.

Balik lagi soal berburu lampu, akhirnya aku mendapatkan lampu yang ditaruh di kepala atau model head lamp led 3 watt dengan catu daya menggunakan baterai ukuran AAA 3 biji. Saya tertarik memilih ini gara-gara sering melihat banyak om dan tante robek yang menggunakannya. Dengan pengalaman bersepeda yang matang, rekomendasi mereka layak sepertinya dipertimbangkan.

Pertimbangan lain memilih model headlamp led yang bentuknya mirip kamera mini ini, karena harganya relatif terjangkau ketimbang merek-merek yang sudah mapan seperti Cree led atau Cat Eye yang harganya mencapai ratusan ribu bahkan bisa jutaan rupiah.

Kebetulan banget nih dapat barang pas ada diskon. Mereknya Krisbow tapi aslinya bikinan China yang diimpor sendiri oleh Ace Hardware. Dari harga aslinya Rp149 ribuan dikurangi potongan 50% menjadi Rp 75 ribuan, lumayan... :) . Setelah tanya dikit-dikit dan dites secukupnya, akhirnya ambil keputusan diambil untuk dibayar. Ini penampakan barangnya :

Sampai di kantor saking tidak sabarnya langsung di isi dipinjam dari baterai merk china seken yang berasal dari remote ac kantor. Pengujian dilakukan dalam ruang arsip tanpa ventilasi dan penerangan, sedangkan jarak antara lampu dengan tembok sekitar 6 meter. Pemotretan menggunakan kamera hp merk china. Pada percobaan di luar ruangan dengan lampu diset jauh mampu menjangkau jarak hingga sekitar 100 m. Ini dia hasilnya :

Secara keseluruhan lampu ini kinerjanya cukup memuaskan apalagi dengan harga yang bersahabat, dalam kondisi jalan gelap lampu led ini cukup membantu, sedangkan dalam kondisi jalan sudah ada penerangan atau lalu lintas ramai lampu menjadi tidak terlalu membantu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar