Minggu, 30 November 2014

Cara melihat stadium pada Kanker Nasofaring (bagian ke 5)

nasofaring1
jika ingin mengikuti dari awal silahkan baca tulisan sebelumnya :
klik bagian 1, vonis itu membuat dunia runtuh
bagian ke 2, apa sih kanker nasofaring
bagian ke 3, masa observasi lama dan menegangkan
bagian ke 4, cuma ada tiga jurus membasmi kanker

Banyak yang bertanya kepada saya, sudah stadium berapa? jujur aku sendiri tidak tahu dan sekarang tidak mau tahu sudah stadium berapa. Makanya waktu itu ketika dokter THT RS Dharmais menyuruh saya konsultasi dengan membawa hasil pemeriksaan untuk melihat stadiumnya saya tidak mau. Sementara kalau menurut dokter yang melakukan biopsi pertama di RS yang berbeda diperkirakan antara IIb dan III.





Bagaimana sih sebenarnya cara melihat stadium pada kanker Nasofaring? Mudah mudahan penjelasan dibawah ini bisa membantu kita untuk mengetahui cara mengklasifikasi stadium kanker nasofaring. Berdasarkan klasifikasi histopatologi, KNF dibagi menjadi WHO1, WHO2 dan WHO3.

WHO1 adalah karsinoma sel skuamosa dengan keratinisasi, WHO2 gambaran histologinya karsinoma tidak berkeratin dengan sebagian sel berdiferensiasi sedang dan sebagian lainnya dengan sel yang lebih kearah diferensiasi baik. WHO3 adalah karsinoma yang sangat heterogen, sel ganas membentuk sinsitial dengan batas sel tidak jelas. Jenis KNF yang banyak dijumpai adalah WHO2 dan WHO3. Di bagian THT Semarang mendapatkan 112 WHO2 dan WHO3  dari 127 kasus KNF.

KNF dapat terjadi pada setiap usia, namun sangat jarang dijumpai penderita di bawah usia 20 tahun dan usia terbanyak antara 45 – 54 tahun. Laki-laki lebih banyak dari wanita dengan perbandingan antara 2 – 3 : 1. Sampai sekarang etiologi KNF belumlah jelas benar, akan tetapi virus Epstein-Barr (EBV) dinyatakan sebagai etiologi utama penyebab KNF dan faktor lain seperti genetik serta lingkungan yang mengandung bahan karsinogenik dinyatakan sebagai faktor pendukung. EBV hampir dapat dipastikan sebagai penyebab KNF, namun kenyataannya tidak semua individu yang terinfeksi EBV akan berkembang menjadi KNF. Menurut hasil penelitian menyatakan faktor pendukung seperti lingkungan, genetik sangat menentukan timbulnya KNF.

Sistem klasifikasi stadium KNF yang dipakai saat ini ada beberapa macam antara lain menurut UICC, AJCC atau sistem Ho. Pada tahun 1997 AJCC dan UICC mengeluarkan sistem klasifikasi stadium terbaru yaitu edisi ke-5, menggantikan edisi ke-4 (1988). Berikut ini adalah sistem klasifikasi stadium menurut AJCC/UICC 1997 :

Stadium T (ukuran/luas tumor):
T0        Tak ada kanker di lokasi primer
T1        Tumor terletak/terbatas di daerah nasofaring
T2        Tumor meluas ke jaringan lunak oraofaring dan atau ke kavum nasi.
T2a      Tanpa perluasan ke ruang parafaring
T2b      Dengan perluasan ke parafaring
T3        Tumor menyeberang struktur tulang dan/atau sinus paranasal
T4        Tumor meluas ke intrakranial, dan/atau melibatkan syaraf kranial, hipofaring, fossa infratemporal atau orbita.

Limfonodi regional (N) :
N0       Tidak ada metastasis  ke limfonodi regional
N1       Metastasis unilateral dengan nodus < 6 cm diatas fossa supraklavikula
N2       Metastasis bilateral dengan nodus < 6 cm, diatas fossa supraklavikula
N3       Metastasis nodus :       N3a     > 6 cm
N3b     meluas sampai ke fossa supraklavikula

Metastasis jauh (M) :
M0       Tak ada metastasis jauh
M1       Metastasis jauh
Pembagian stadium berdasarkan klasifikasi TNMnya disusun sebagai berikut seperti pada tabel 2 berikut ini :

Tabel 2  Stadium KNF
T1T2aT2bT3T4
N0IIIAIIBIIIIVA
N1IIBIIBIIBIIIIVA
N2IIIIIIIIIIIIIVA
N3IVBIVBIVBIVBIVB
M1IVBIVBIVBIVBIVB

Penderita KNF umumnya (60 – 90%) datang berobat di klinik sudah stadium lanjut dengan gejala penyebaran diluar nasofaring. Tumor primer di nasofaring sudah T3 atau T4  jarang dengan T1 atau T2.

Gejala klinik meliputi gejala hidung dan telinga, saraf dan gejala dari penyebaran tumor ke kelenjar limfe serfikal. Gejala hidung berupa ingus campur darah berulang biasanya sedikit bercampur ingus kental, kadang-kadang ada sumbatan hidung dan suara sengau.

Gejala telinga adalah rasa penuh tak enak, kadang tuli akibat oklusi tuba Eustachi, atau otitis media serosa. Adinolodewo mendapatkan 59,4%, Rauf (1977) 73,5% dan Adinolodewo mendapatkan 72,5%.

Tumor meluas ke intra kranial melalui foramen laserum menimbulkan kerusakan pada grup anterior yaitu saraf III, IV, VI yang disusul saraf V bila melewati foramen ovale yang menyebabkan pandangan diplopi. Kerusakan saraf ke V menyebabkan neuralgia trigeminal. Penjalaran ke foramen jugulare mengenai sekumpulan saraf otak yaitu saraf IX sampai saraf XII serta saraf simpatikus leher yang menuju ke orbita. Tjegeg mendapatkan kelainan neurologik antara 29 – 53%. Metastasis  ke kelenjar getah bening leher profunda sering dijumpai, yaitu sekitar 60 – 93% dan dapat dijumpai unilateral, kontra lateral atau sering kali bilateral.

Diagnosis klinis didasarkan pada hasil anamnesis,  gejala klinis tumor dan kelainan di nasofaring. Perubahan mukosa  nasofaring mudah dinilai dengan menggunakan endoskop. Tampak jelas perubahan berupa penonjolan mukosa, peradangan, ulseratif disertai perdarahan ringan.

Pemeriksaan radiologis CT scan (computerized tomographic scanning) atau magnitic resonance imaging  (MRI) merupakan pemeriksaan yang lebih informatif terhadap kelainan nasofaring. Diagnosis histopatologi spesimen biopsi nasofaring dengan mikroskop cahaya maupun mikroskop elektron merupakan standard baku emas untuk menegakkan diagnosis.

sumber : thtkl.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar