Jumat, 04 Mei 2012

SKI Tajur Katulampa Bogor, Belanja sambil berlibur


Rasa-rasanya saya tidak pernah bosan berkunjung ke sana. Lokasinya terjangkau dan murah menjadi alasan setiap ke SKI Tajur Bogor. Bagi yang masih awam kota Bogor SKI Bogor masih mudah dicari. Jika anda menggunakan mobil pribadi setelah keluar tol Bogor arahkan mobil ke kiri. Sekitar setengah kilometer dari pintu tol tepatnya sebelum Bale Binarum atau jembatan ada jalan ke kiri namanya jalan Jl Durian Perumahan Bantar Kemang. Ikuti saja jalan itu sampai ketemu pertigaan ambil arah ke kanan, seratus meteran dari sana Sumber Karya Indah (SKI) berada. Kalo masing bingung juga ikutin aja angkot nomer 13 jurusan Bantar Kemang.


Sepanjang jalan menuju SKI kita disuguhi oleh deretan FO atau toko yang menjual aneka macam tas dan sepatu. Bedanya SKI dengan FO lain adalah fasilitas penunjang yang lengkap. Selain terdapat tempat belanja untuk pakaian, sepatu dan tas, SKI juga menyediakan tempat untuk sekedar melepas kepenatan dengan aneka macam permainan. Yah semacam one stop holiday. Ibunya berbelanja, suami dan anak bermain, selesai belanja dan bermain bisa makan bersama. Semua bisa dilakukan di satu tempat saja, SKI.



Untuk anak-anak, SKI menyediakan area bermain anak2 dengan berbagai macam model prosotan dan ayunan. Khusus tempat ini jangan biarkan anak dibawah lima tahun bermain sendiri karena ada beberapa prosotan yang cukup tinggi dengan tangga yang curam dan injakkannya ada yang lepas.

Capek bermain prosotan, ajak buah hati melihat Rusa tutul, burung merak atau memberi makan ikan atau kura-kura. Beli saja makanan ikan dengan harga seribu per bungkus. Memberi makan ikan yang jumlahnya ribuan bisa memberikan sensasi tersendiri. Kolam ikan itulah yang menjadi ciri khas SKI.

Ada beberapa kolam ikan arus deras yang dibuat pengelola. Kolam utama terdapat air mancur yang cukup besar. Ikan yang ditanam cukup beragam mulai dari ikan mas, nila gurame dan lele, Bahkan ada satu kolam khusus yang berisi ikan raksasa. Namanya ikan raksasa Araipama Gigas yang habitat aslinya ada di sungai Amazon. Araipama di SKI menurut saya ukurannya lebih besar dari yang ada di aquarium milik kebon binatang Ragunan. Menurut sebuah literatur ikan air tawar terbesar di dunia ini panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan berat sekitar 200 kg.



Masih belum cukup? SKI juga menyediakan aneka permainan dengan harga rata2 sekitar 20 ribu setiap permainan. Khusus anak-anak ada banyak pilihan seperti flying fox khusus anak2, Bola air, istana balon, berkuda, bungee trampoline dengan harga tiket Rp. 20 ribu per permainan, sedangkan perahu paddler Rp. 10 ribu per perahu. Untuk dewasa ada flying fox dewasa Rp. 20 ribu, buggy kart Rp. 30 ribu untuk lima putaran dan arena paint ball dengan tarif Rp. 30 ribu untuk 10 peluru atau Rp. 50 ribu untuk 20 peluru.

Capek bermain tentunya membuat perut lapar, jangan kuatir SKI telah menyediakan restoran cukup besar dengan menu khas Sunda. Secara umum makanan di restoran rasanya biasa saja alias standar. Kalo gak cocok dengan makanan restoran di SKI juga ada kantin dengan menu cukup beragam seperti batagor, tahu gejrot, laksa, cendol, dll.

Secara keseluruhan berwisata ke SKI bisa menjadi alternatif liburan ke bogor selain ke Taman Matahari, The Jungle atau Kebon Raya Bogor. Dengan jarak tidak terlalu jauh dari Jakarta, area parkir luas dengan tarif seiklasnya, fasilitas yang diperoleh cukup memadai dan menyenangkan. Sekedr mengingatkan banyaknya kolam dan anak tangga menuntut orang tua harus ekstra waspada terutama untuk anak balita supaya tidak terjatuh atau kecebur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar