Minggu, 29 April 2012

Arti Sahabat


Sahabat menurut Wikipedia.org adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Ada empat kata kunci yang disebutkan di situ, yaitu menginginkan yang terbaik di antara mereka, simpati/empati, kejujuran, dan saling pengertian.


Dari sisi etimologi, kata sahabat berasal dari bahasa arab shahabah (ash-shahaabah, الصحابه) yang merujuk pada sahabat Nabi. Sahabat itu gampang secara teori tetapi sulit dalam terapan. Ada yang bilang sahabat yang sejati adalah dia yang siap menghampiri dirimu di saat seluruh dunia berpaling darimu.

Tiap orang memiliki definisi sendiri-sendiri tentang arti sebuah persahabatan atau sahabat, tidak terkecuali tiga pendiri “tiga-sahabat.com”. Masing-masing punya definisi atas arti "sahabat".

Edi :
Bagiku, sahabat adalah orang yang ingin aku dapat berbagi dengannya, kisah suka dan duka maupun aneka peristiwa yang biasa-biasa saja. Aku siap menjadi orang pertama yang turut merasakan derita dan kesedihannya, serta orang terakhir yang merasakan kegembiraan dan kebahagiaannya. Tidak harus berdekatan atau kontak tiap saat, namun senantiasa dia tahu bahwa aku selalu ada saat dia membutuhkanku. Sahabat senantiasa saling mengingatkan di kala lupa dan berani menyampaikan kebenaran walau itu terasa menyakitkan.

Eka :
Sahabat buatku tidak saja memuji ketika benar tetapi juga harus berani menegur ketika salah. Persahabatan sejati tidak akan lapuk oleh waktu dan lekang oleh jaman.

Fitri :
Sahabat bagiku, ia yang bukan hanya tertawa denganku, tapi juga berbagi tangis denganku. Ia yang paling memahami relung jiwaku, kegelisahanku dan mimpi-mimpiku. Berada bersamanya bagaikan buku terbuka, kami bisa saling membaca, saling mengisi, saling memahami dan berbagi. Sahabatku tak harus sempurna, justru karena kami sama-sama manusia, gudangnya khilaf dan alpa. Karena itu juga fungsinya sahabat: menjadi pengingat ketika kita 'lupa'..

Nah sekarang apa arti sahabat buat kalian, silahkan dishare disini...

1 komentar:

  1. sahabat yg baik itu: orang yang rela mati demi sahabat-sahabat nya..
    apakah km seorang sahabat yg baik??
    ;)

    BalasHapus